Kehamilan Remaja 'Menular'

0
Kehamilan Remaja Menular
TREN kehamilan dini pada remaja tampaknya 'menular'. Setidaknya hal itu tecermin pada sebuah studi yang telah menemukan bahwa adik perempuan cenderung mengikuti langkah yang diambil saudara mereka yang lebih tua.

Ketika seorang kakak menjadi seorang ibu dalam usia remaja, adiknya dua kali lipat lebih mungkin untuk melakukan hal yang sama. Peneliti Bristol menamai kondisi ini sebagai 'efek rekan'. Bila tak ditangani, jumlah ibu remaja bisa meningkat drastis. Efeknya lebih kuat ketika saudari mereka berusia tak jauh dari mereka, serta faktor kemiskinan.

Adapun faktor pendidikan memang akan memperkecil risiko itu, tetapi penelitian ini menemukan bahwa efek tersebut paling banyak terjadi di usia sekolah. Profesor Carol Propper, seperti dikutip dari The Telegraph, Selasa (9/8), mengatakan, "Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa latar belakang keluarga dan pendidikan anak perempuan menurunkan kemungkinan kehamilan remaja. Namun, temuan ini menunjukkan faktor persaudaraan memperbesar risiko kehamilan dini."

Ia menyimpulkan, "Temuan ini memberikan bukti kuat bahwa efek menular kehamilan dini lebih disebabkan faktor persaudaraan, bukan pendidikan. Ini menunjukkan bahwa diperlukan kebijakan pencegahan yang mungkin diperlukan untuk mengurangi kelahiran remaja."

Analisis ini didasarkan pada data sensus dari 42 ribu perempuan Norwegia yang lahir setelah Perang Dunia II. Kebanyakan dari mereka melahirkan pada 1970-an dan 1980-an.

Penelitian ini meripakan kolaborasi dengan akademisi di Universitas Bergen di Norwegia dan telah diterbitkan untuk Bristol University's Centre for Market and Public Organisation

source: www.mediaindonesia.com